Article Detail

Dasar Pelayanan Prima Yayasan Tarakanita

Mengingat betapa pentingnya sebuah kualitas pelayanan, serta maraknya persaingan yang menuntut kualitas, Yayasan Tarakanita merasa perlu meningkatkan pentingnya pelayanan yang prima kepada sesama dan menjadikannya  sebuah prioritas, baik berkaitan dengan peran dan tugas karyawan maupun teknik komunikasi yang sehat sehingga kesulitan-kesulitan dalam mengupayakan layanan prima dapat diatasi dengan baik.

 

Dasar pelayanan prima mencakup beberapa hal antara lain penampilan karyawan, sikap tubuh, berkomunikasi (menerima tamu), bertelepon, sikap guru dalam mengajar, serta standar pengelolaan area kerja.

 1. Penampilan Karyawan

Meliputi rambut dan wajah, kebersihan mulut dan gigi, bagian tubuh termasuk tangan, jari, kuku, dan kaki, pakaian kerja, seragam,& identitas.

2.
Sikap tubuh

Meliputi sikap berdiri, berjalan, berjabat tangan, dan sikap duduk.

3. Berkomunikasi ( menerima tamu)

Meliputi: berikan senyum, ucapkan salam, sapa dengan ramah, berikan bantuan, gali kebutuhan, jelaskan & selesaikan, pastikan pelanggan puas, dan ucapkan terima kasih.

4.Bertelepon

Meliputi angkat, salam, simak, tanyakan identitas, pengalihan/transfer, catat, konfirmasi, terima kasih, dan penanganan keluhan.

5. Sikap guru dalam mengajar

Meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti antara lain berdiri di depan kelas, posisi duduk, bergerak, dan berjalan, gerakan dan posisi tangan, pandangan mata, mimic dan gerak muka, intonasi suara, menulis, bertanya, menenangkan kelas, memberikan pujian, dan yang terakhir adalah kegiatan penutup.

6.Standar pengelolaan area kerja

Berprinsip pada 5R yaitu ringkas, rapi, resik, rawat, rajin. Meliputi area  halaman sekolah, taman, parker kendaraan,  dan lapangan olah raga, tempat penampungan sampah sementara, dapur, gudang, kantin, ruang kelas dan laboratorium, perpustakaan, ruang kerja karyawan, dan toilet.

 

Semoga dasar pelayanan prima bisa dijadikan sebagai pedoman dan pegangan dalam proses pengembangan pelayanan pendidikan di Yayasan Tarakanita dan diharapkan mampu melahirkan sebuah gerakan dan komitmen bersama untuk berkembang menjadi lebih baik, khususnya dalam seluruh proses pelayanan pendidikan. (AAH)

 

Terus maju Yayasan Tarakanita…..

 

 

Sumber :

Tim Pelayanan Prima Yayasan Tarakanita-Kantor Pusat. 2011. Panduan  Dasar Pelayanan Prima Yayasan Tarakanita. Jakarta :  Biro Personalia Kantor Pusat Yayasan Tarakanita

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment