Article Detail

PKT: Implementasi dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

      Telah diadakan pengenalan dan implementasi Pendidikan Karakter Tarakanita (PKT) kepada para guru pengampu mata pelajaran ekstrakurikuler pada Senin (29/10) di Kantor Yayasan Tarakanita, Jalan Dr. Sutomo 56 Yogyakarta. Acara yang dihadiri oleh seluruh guru pengampu mata pelajaran ekstrakurikuler di unit-unit Tarakanita Wilayah Yogyakarta tersebut dimulai pukul 10.00 WIB. Adapun pertemuan ini diprakarsai oleh Divisi Pendidikan Kantor Wilayah.
      Terdapat 3 hal yang disampaikan oleh Kepala Divisi Pendidikan, V. Banu Hastha Kunjana M.Pd, yakni PKT, Strategi Implementasi, dan PKT dalam kegiatan ekstrakurikuler. Ketiga komponen tersebut diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dengan tidak meninggalkan 6 unsur pokok yang tertuang dalam Cc5 yakni Compassion, Celebration, Competence, Conviction, Creativity, Community. Sedangkan khusus untuk strategi implementasi membutuhkan 4 partial yaitu kegiatan terprogram, pembiasaan, jam khusus, dan kebijakan. Secara keseluruhan PKT ini terintegrasi dengan Pembelajaran Berbasis Riset (PBR)
      Sementara itu, dalam pengantarnya Kepala Kantor Yayasan Tarakanita, Sr. Yesina CB. M.Psi. M.Pd,  mengatakan harapannya bahwa PKT akan mudah terwujud dan terbentuk bila para guru ekstrakurikuler pun turut terlibat untuk memberikan dasar-dasar baik melalui PKT ini. Di samping memberikan ilmu dalam setiap mata pelajaran yang diampunya, mereka diharapkan mampu memberikan sentuhan-sentuhan nilai pada para siswa, terlibat menyumbangkan apa yang dimilikinya pada para siswa, agar tumbuh menjadi pribadi yang utuh dan berbelarasa seperti yang tercantum pada visi misi Yayasan Tarakanita.
      “Mata pelajaran ekstrakurikuler memberikan peluang bagi para siswa yang berkaitan dengan bakat-bakatnya. Semoga para siswa tumbuh dalam kompetisi yang berarti, bukan hanya dari segi intelektualnya tapi juga dari segi keterampilannya,” tandasnya.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment