Article Detail

Positioning, Differentiation, Branding

      Bertempat di SD Tarakanita Bumijo, Yogyakarta, peserta Workshop Market Share mengikuti rangkaian sesi di hari kedua (Selasa, 20/11) mereka dengan observasi lapangan. Sebelum observasi diadakan presentasi hasil Focus Group Discussion (FGD) sebagai kelanjutan workshop hari pertama (Selasa, 19/11).
      Dibagi dalam 3 kelompok, observasi mengambil 2 objek yakni SD Tarakanita dan TK Tarakanita. Sedangkan model yang digunakan dalam observasi tersebut adalah visual dan verbal.
Terdapat 3 hal yang menjadi fokus observasi mereka yakni positioning, differentiation, dan branding. Posisioning berkaitan dengan persepsi customer terhadap sekolah/guru/karyawan/alumni, apa yang dipercaya customer tetang sekolah. Diferentiation tentang kekhasan dan keunikan, kekuatan/keunggulan pada kategori sekolah yang sama (SD). Sedangkan branding berkaitan dengan identitas khusus (nama, istilah, tanda, simbol, desain), budaya yang terbentuk sepanjang waktu, cerminan value diberikan pada pelanggan.
      Setelah observasi selama lebih kurang 1 jam, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok hingga pukul 12.30 WIB. Dalam kelompok peserta bukan hanya mengolah data berkaitan dengan positioning, differentiation, branding saja melainkan sampai pada mengidentifikasi model/bentuk/media strategi pemasarannya. Selanjutnya hasil diskusi kelompok dipresentasikan.
Pada sesi terakhir hari itu, Bapak A. Sigit Kristiantoro menyampaikan Insight-Insight Marketing yang disarikan dari New Wave Marketing: The World is Still Round, The Market is Already Flat (Hermawan Kartajaya). Terdapat 2 pendekatan marketing yakni Legacy Marketing (bersifat vertikal, top-down, one-to-many, high budget high impact) dan New Wave Marketing (bersifat horisontal, bottom-up, peer-to-peer, many-to-many, low budget high impact).

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment