Article Detail

Apresiasi & Toleransi Budaya di Unit Sekolah Yayasan Tarakanita Yogyakarta

Tahun Baru Imlek 2025 jatuh pada hari Kamis, 29 Januari 2025. Semua Unit Sekolah Yayasan Tarakanita Yogyakarta turut serta merayakan perayaan Imlek. Terkhusunya, Unit KB-TK Tarakanita Bumijo dan SD Tarakanita Bumijo memeriahkan perayaan imlek dengan diselenggarakan pementasan pertunjukan Barongsai & Liong  yang dilaksankan pada tanggal 31 Januari 2025 di halaman sekolah. Hal ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kesadaran, toleransi dan apresiasi terhadap keberagaman budaya yang ada di Yogyakarta. Video keseruan pertunjukan Barongsai dan Liong

Selain itu, Unit SMP Stella Duce 1 memeriahkan perayaan imlek dengan mengikuti karnaval budaya (Flasmob) di Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) yang dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Februari 2025 di kawasan Malioboro. Karnaval budaya tersebut Start dari Parkiran Abu Bakar Ali dan Finish di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Para peserta didik menampilkan pertunjukan tarian budaya Tionghoa kompak dengan dresscode berwarna nuansa merah.  Lihat juga video karnaval budaya (Flasmob) di PBTY ke -20 

Mengikuti karnaval budaya di PBTY merupakan salah satu penghormatan terhadap budaya dan agama Tionghoa  terkhusus bagi para peserta didik yang bersekolah di Tarakanita Yogyakarta. Selain itu, keikutsertaan dalam acara karnaval budaya Tionghoa ini dapat menjadi salah satu media promosi sekolah kepada masyarakat umum. Berbagai kegiatan yang dilakukan tersebut harapannya para peserta didik khususnya yang berketurunan Tionghoa  dapat terus melestarikan tradisi imlek yang sudah bercampur atau mengalami akulturasi, sehingga tradisi budaya tetap lestari ditengah perkembangan zaman yang semakin modern. 


Sumber : 

Website Unit TK Tarakanita Bumijo, https://tk-bumijo.tarakanita.sch.id/detail_article/perayaan-imlek-dengan-barongsai

Website Unit SMP Stella Duce 1, https://smp-stece.tarakanita.sch.id/detail_news/karnaval-pbty-ke-20-di-malioboro






Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment