Article Detail

FGD Pengampu Guru PKT

Rabu, 30 Agustus 2017 Bertempat di ruang aula kantor wilayah Yogyakarta diselenggarakan FGD Pelaksanaan (PKT) Pendidikan Karakter Tarakanita yang menjadi Peserta FGD  adalah perwakilan guru pengampu PKT disetiap unit sekolah.

Peserta  39 orang dari unit dan 3 orang dari kanwil, TK Tarakanita Bumijo 3 orang, SD Tarakanita Bumijo 6 orang,  SD Tarakanita Ngembesan 2 orang, SMP Stece 6 orang, SMP Stero 6 orang, SMA Stece 6 orang, SMA Stero 6 orang, SMA Stella Duce Bantul 4 orang, dari Kanwil oleh Kadiv (Pak Banu) dan staff div. pend. (Pak Flory) dan Ibu Wikanti sebagai notulen

FGD ini bertujuan untuk mengetahui Sejauh mana korelasi penilaian sikap dengan sikap siswa, Bagaimana proses penilaian sikap pada PKT, Kesulitan mendasar dalam proses penilaian PKT, Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi dan  Kekhasan yang membedakan antara siswa yang menerima PKT (feeder) dengan yang tidak menerima PKT (non feeder)

Dalam FGD terjadi diskusi per kelompok jenjang yang membahas terkait panduan diskusi di atas. Setiap unit sekolah memiliki pengalaman masing-masing dalam pelaksanaan PKT di sekolah, sehingga dari sharing yang terjadi saat diskusi dapat memberikan gambaran dalam pelaksanaan PKT sekaligus alternatif solusi bagi unit sekolah dalam mengatasi kesulitan saat pelaksanaan PKT. Harapannya PKT lebih berdampak pada pembentukkan karakter peserta didik namun masih ditemuin berbagai kendala dalam pelaksanaan PKT, salah satunya yaitu terkait penilaian yaitu tidak mudah memberikan penilaian pada aspek sikap dan item penilaian yang jumlahnya banyak sekali. Sesungguhnya kunci dalam pelaksanaan PKT adalah keteladanan yang bisa ditunjukkan oleh setiap warga sekolah, kegiatan pembiasaan, dan juga melalui berbagai kegiatan terprogram di unit sekolah. Semoga dengan berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksaaan PKT di unit sekolah justru memberikan tantangan bagi kita semua agar tetap berjuang dan berusaha mewujudkan nilai-nilai PKT bagi karakter peserta didik kita.  (VWW)

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment